Pantala flavescens

 

Deskripsi, capung jantan dan betina memiliki ukuran dan warna yang serupa, bagian kepala berwarna kuning gelap keemasan, atau kecoklatan dengan mata besar berwarna coklat kemerahan, thoraks (dada) berwarna kuning kecoklatan dengan garis hitam tipis, kaki berwarna hitam. Panjang abdomen ± 2,9 – 3.5 cm. Pada capung muda yang baru metamorfosis  abdomen berwarna kuning keemasan dengan garis hitam kecoklatan memanjang di bagian dorsal (dada), pada segmen ke 8-9 garis hitam melebar. warna abdomen akan berubah menjadi coklat kemerahan seiring dengan pertambahan usia. Sayap transparan dengan spot merah gelap kecoklatan pada ujung bagian atas, panjang sayap ± 3,8 – 4 cm.

sayap belakang lebih lebar dari sayap depan dengan bercak kekuningan pada pangkalnya.

Habitat dan Distribusi, merupakan salah satu jenis capung yang paling umum mudah dijumpai selain Orthetrum sabina, mudah dijumpai ditempat-tempat

terbuka, ditepian sungai, area persawahan, padang rumput (lapangan), semak, sampai di sekitar pekarangan rumah. Distribusinya tersebar luas mulai dataran rendah sampai dataran tinggi, dapat dijumpai di sepanjang tahun terutama pada saat musim kemarau lebih banyak.

Kebiasaan, sering dijumpai terbang berkelompok berputar-putar diatas permukaan vegetasi rumput  atau semak yang terbuka dan diatas area persawahan padi yang sudah berbulir,  jarang ditemukan hinggap.